Terdapat berbagai fakta yang menyatakan bahwa siswa yang ikutprogram
belajar mandiri, mereka lebih keras belajarnya, lebih lama danmampu lebih lama
untuk mengingat hal yang dipelajarinya. Belajarmandiri memberikan sejumlah
keunggulan unik sebagai metodepengajaran. Diantaranya yaitu:
1) Program
belajar mandiri yang dirancang dengan cermat akanmemanfaatkan lebih banyak asa belajar. Hasilnya adalah
peningkatan,baik dari segi jenjang belajar maupun kadar ingatan. Jumlah
siswayang gagal dan menunjukkan kinerja yang tidak memuaskan dapatdikurangi
secara nyata.
2) Pola ini
memberikan kesempatan, baik kepada siswa yang lambanmaupun yang cepat untuk
menyelesaikan pelajaran sesuai dengantingkat kemampuan masing-masing dalam
kondisi yang cocok.
3) Rasa
percaya diri dan tanggung jawab pribadi yang dituntut dari siswaoleh program
belajar mandiri mungkin dapat berlanjut sebagai kebiasaan dalam kegiatan
pendidikan lain, tanggung jawab pribadi dantingkah laku pribadi.
4) Program
belajar mandiri dapat menyebabkan lebih banyak perhatianguru yang lansung
tercurah kepada siswa perseorangan, danmemberikan kesempatan yang lebih luas
untuk berlangsungnyainteraksi antarsiswa.
5) Dalam
program belajar mandiri ini kegiatan dan tanggung jawab guruberubah, karena
waktu untuk penyajian berkurang. Dan guru memilikiwaktu yang lebih banyak untuk
memantau siswa dalam pertemuankelompok dan untuk konsultasi.
6) Memang
pendekatan utama ke arah belajar mandiri munkin tidakefisien dari segi biaya
dalam jangka pendek, namun karena teknik danberaneka ragam sumber yang
digunakan berulang-ulang dengankelompok selanjutnya, namun biaya program dapat
terkurangi secaranyata.
7) Siswa
lebih cenderung lebih menyukai metode belajar mandiri daripada metode
tradisional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar