Senin, 05 November 2012

KEUNGGULAN BELAJAR MANDIRI

Terdapat berbagai fakta yang menyatakan bahwa siswa yang ikutprogram belajar mandiri, mereka lebih keras belajarnya, lebih lama danmampu lebih lama untuk mengingat hal yang dipelajarinya. Belajarmandiri memberikan sejumlah keunggulan unik sebagai metodepengajaran. Diantaranya yaitu:

1) Program belajar mandiri yang dirancang dengan cermat akanmemanfaatkan lebih banyak asa belajar. Hasilnya adalah peningkatan,baik dari segi jenjang belajar maupun kadar ingatan. Jumlah siswayang gagal dan menunjukkan kinerja yang tidak memuaskan dapatdikurangi secara nyata.
2) Pola ini memberikan kesempatan, baik kepada siswa yang lambanmaupun yang cepat untuk menyelesaikan pelajaran sesuai dengantingkat kemampuan masing-masing dalam kondisi yang cocok.
3) Rasa percaya diri dan tanggung jawab pribadi yang dituntut dari siswaoleh program belajar mandiri mungkin dapat berlanjut sebagai kebiasaan dalam kegiatan pendidikan lain, tanggung jawab pribadi dantingkah laku pribadi.
4) Program belajar mandiri dapat menyebabkan lebih banyak perhatianguru yang lansung tercurah kepada siswa perseorangan, danmemberikan kesempatan yang lebih luas untuk berlangsungnyainteraksi antarsiswa.
5) Dalam program belajar mandiri ini kegiatan dan tanggung jawab guruberubah, karena waktu untuk penyajian berkurang. Dan guru memilikiwaktu yang lebih banyak untuk memantau siswa dalam pertemuankelompok dan untuk konsultasi.
6) Memang pendekatan utama ke arah belajar mandiri munkin tidakefisien dari segi biaya dalam jangka pendek, namun karena teknik danberaneka ragam sumber yang digunakan berulang-ulang dengankelompok selanjutnya, namun biaya program dapat terkurangi secaranyata.
7) Siswa lebih cenderung lebih menyukai metode belajar mandiri daripada metode tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar